BUKIT SIGUNTANG - PALEMBANG



Terletak di Kelurahan Bukit Lama-Palembang, tempatnya berada pada kontur yang lebih tinggi di banding daerah sekitarnya. Penuh pepohonan yang rindang.

Mulanya sebagai pendatang baru saya mengira itu adalah "taman kota". Padahal ternyata bukan. Lalu tempat apa ini sebenarnya?

Waktu itu saya hanya berniat mampir melihat-lihat saja tanpa tahu isi persis di dalam area sejuk yang luas itu. Digerakkan oleh rasa penasaran, saya masuk ke lokasi tersebut yang ternyata di pintu gerbangnya ada pos keamanan semacam loket karcis masuk. Tapi pada waktu itu saya tidak membayar apa-apa hehehhehehhe..... (mungkin karena terlalu sore maka tidak ada penjaga yang berjaga di situ, entahlah....)

Dengan sepeda motor saya mengelilingi area Bukit siguntang yang ternyata sangat luas, untunglah jalan-nya sudah di aspal. tapi untuk menuju ke bagian "taman" yang lebih dalam, saya harus bejalan kaki. (Alhasil saya parkir motor saya di dekat pos penjagaan tadi.)

Saya kemali menyusuri jalan setapak yang ada, dan tiba-tiba....... syuuuuut, saya terpeleset!! Kondisi di daerah ini sangat bagus, tapi juga lembab hingga jalan-jalan tertentu begitu licin dan berlumut. Ada beberapa bangunan yang dikelilingi kolam air. saya tidak tahu persis apa fungsinya, tapi bangunan-bangunan di kompleks area tersebut bernilai artistik.



Dengan rasa penasaran yang belum hilang saya terus menyusuri Bukit Siguntang ini hingga langkah saya terhenti di suatu tempat yang menjawab semua rasa penasaran saya. Bukit Siguntang ternyata adalah area pemakaman tokoh-tokoh kuno penting yang berkaitan dengan cikal bakal kota Palembang yaitu kerajaan Sriwijaya, antara lain adalah Putri Kembang Dadar, Putri Rambut Selako, Panglima bagus Kuning, Panglima Tuan Junjungan, Panglima Bagus Karang dan Panglima Raja batu Api serta Raja Gentar Alam.


Jadi bisa dikatakan Bukit Siguntang merupakan tempat bersejarah bagi kota Palembang. Nuansa keramat masih terasa di tempat ini, bagus memang tapi terkesan kurang terawat. Bagaimanapun Bukit Siguntang adalah taman purbakala bersejarah yang pantas dikunjungi.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS