Pulau KEMARAU

Hmm.. mengingat kembali perjalanan ke pulau kecil di wilayah sungai Musi - Palembang yang lebih tepatnya merupakan delta sungai Musi. Namanya adalah Pulau Kemarau. Penduduk setempat menyebutnya dengan sebutan "Pulo Kemaro" atau juga disebut "Pulo Terapung".

Tempatnya tidak terlalu jauh dari jembatan Ampera - sungai Musi. Jadi, kalau sudah ke Ampera, nanggung rasanya kalau tidak mampir ke pulau ini. Jarak yang ditempuh hanya sekitar 15-30 menit dengan biaya murah menggunakan "kethek", perahu kecil bermotor.

Konon katanya disebut "pulau terapung" karena saat air sungai Musi sedang pasang, tepian pulau ini tidak tergenang, kalaupun airnya surut tepian pulau ini juga tidak pernah mengering. Selalu terlihat sama. Bahkan karena tidak pernah tenggelam dan selalu kering saat air sungai pasang membuat pulau ini juga disebut "pulau kemarau".

Menurut legenda setempat, pulau kemarau terbentuk dari onggokan tanah yang muncul dari lokasi tenggelamnya sepasang kekasih, yaitu bangsawan Tiongkok bernama Tan Bun An dan putri kerajaan di Palembang bernama Siti Fatimah (putri raja Sriwijaya) yang dipinangnya.

Perahu Tan Bun An ditenggelamkannya beserta muatan-muatannya karena Tan Bun An mengira perahu itu hanya berisi sayuran, padahal semula Tan Bun An berencana mempersembahkan upeti uang emas kepada raja dan putri.

Ketika semua muatan perahu dibuang barulah Tan Bun An tahu memang ada uang emas di antara sayuran itu. Diapun menyesal dan berusaha mengumpulkannya kembali, sayang Tan Bun An juga tenggelam. Siti Fatimah sedih dan mencari Tan Bun An yang tak kunjung muncul ke permukaan. Siti Fatimah terjun ke sungai dan akhirnya juga mati tenggelam.

Setiap perayaan Cap Go Me, pulau ini ramai dikunjungi para etnis Tiong Hoa untuk sembahyang. Bukan hanya dari Palembang tapi dari berbagai penjuru daerah. Tidak kalah banyak juga orang-orang yang datang untuk sekedar jalan-jalan menikmati suasana. Maklumlah, suasana di sana sangat menyenangkan.

Anda Penasaran?! Ayo buktikan saja dengan berkunjung ke sana!

Selain itu jangan lupa! Sepulang dari pulau Kemarau, kalau waktunya cocok, khusus bagi yang suka memancing kita bisa singgah mancing di sungai Musi. Kita bisa mendapatkan ikan patin besar di sana :)



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS